RSS

Katanya Google-Yahoo-Microsoft Penghalang Kebebasan Berpendapat

15 Mar

Selama ini internet dipuji sebagai media yang paling bebas untuk urusan mengeluarkan pendapat, namun pada kenyataannya tidak. Pasalnya, penyedia layanan internet terbesar cuma bebas di negara asalnya, tetapi membisu di negara lain.
Sebuah lembaga kemanusian Wartawan Tanpa Batas (RWB) melakukan kritikan terhadap Google, Yahoo, termasuk Microsoft. Mereka menilai, perusahaan tersebut tidak memberikan keleluasaan berpendapat kecuali di negaranya sendiri.
Perusahaan yang berbasis di Paris, Prancis, mencontohkan, kebijakan keras yang diambil oleh Pemerintah China membuat seorang blogger yang juga pejuang kebebasan pers, Michael Anti, dibungkam seribu bahasa. Menurut laporan, atas pesanan negeri Tirai Bambu kepada Microsoft China, blog Michael Anti dihapus.
Business Week, Sabtu (14/3/2009),
melaporkan kasus serupa yang menimpa wartawan China Shi Tao yang dipenjara 10 tahun oleh pemerintahnya, sebab Yahoo secara sengaja membocorkan informasi pribadi Tao kepada pemerintah. Ini belum termasuk dengan aksi Google, yang memblokir hasil pencarian atas situs yang dilarang oleh pemerintah China.
Jelas saja, RWB menuding kalau China adalah diktator paling kejam dalam memasung kebebasan dalam mengeluarkan berpendapat, khususnya wartawan dan blogger. Setidaknya, 70 orang dibui oleh China, karena menulis pendapat yang melawanan dengan kebijakan pemerintah lewat internet.
“Mereka semua sebenarnya mengetahui apa yang terjadi di negara-negara itu. Akan tetapi, ketiga perusahaan tersebut tidak melindungi anggotanya,” kata Clothilde Le Coz, Direktur Divisi Kebebasan Berpendapat di Wartawan Tanpa Batas.
Clothilde pun meminta agar ketiga perusahaan tersebut untuk bersikap lebih agresif dalam melindungi anggotanya. Jangan kejadian seperti penangkapan blogger lain di Mesir ataupun Malaysia akan terulang lagi. (srn)
Pertanyaan selanjutnya “Bagaimana dengan peBLOGer d tanah air kita NKRI tercinta ini.?”

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com
Share

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2009 in News n IT

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: