RSS

Adu Ponsel GPS: Nokia 6110Navigator vs Samsung i550w

10 Mar

Fitur Global Positioning System(GPS) semakin banyak saja ditanamkan pada ponsel.Khususnya pada ponsel-ponsel kelas menengah dan premium, fasilitas penunjuk lokasi ini seolah sudah menjadi tambahan wajib. Bagi sebagian orang fitur ini memang sangat membantu apalagi yang sering mengunjungi ke daerah baru.
Menurut Wikipedia, GPS merupakan sistem navigasi satelit yang menggunakan 24 satelit yang mengorbit di atas bumi. Satelit-satelit tersebut mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi, sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah dan waktu.
Untuk menentukan posisi misalnya, satelit mengirimkan sinyal berupa data posisi (garis bujur, garis lintang dan ketinggian) dan sinyal waktu, sinyal ini akan ditangkap alat penerima di permukaan bumi, sehingga dapat diketahui posisi, serta waktu yang tepat dimana alat penerima tersebut berada. GPS juga dapat digunakan mengetahui jalur yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan lokasi tertentu.

Sekarang ini sistem GPS sudah mulai banyak diadopsikan pada telepon genggam, khususnya pada ponsel-ponsel terkini yang spesikasi hardware maupun software-nya sudah mendukung sistem navigasi ini. Diantara sekian banyak ponsel yang sudah mendukung GPS, Nokia 6110 Navigator dan Samsung i550w termasuk yang cukup terjangkau, keduanya dijual pada kisaran 3 jutaan. Sinyal akan memberikan perbandingan keduanya, ponsel mana yang lebih layak pilih.
Fitur lengkap dan Harga (Bobot: 15 %)
Tidak semua fitur yang diuji dapat kami sajikan semuanya secara detil di sini, maka pada segmen ini kami kalkulasikan semua fitur yang dimiliki kedua ponsel, selanjutnya diperbandingkan ponsel mana yang memiliki fitur lebih kaya. Tak lupa kami pun mempertimbangkan kisaran harga jual kedua ponsel supaya penilaian lebih berimbang.
Nokia 6110 Navigator masih menyisakan fasilitas andalan serpeti warna layarnya yang sudah 16 juta, sedangkan Samsung i550w memiliki tabungan fasiltas WLAN untuk berinternet gratis pada lokasi hotspot. Perbedaan-perbedaan fitur secara lengkap dapat dilihat pada Tabel di bawah. Sebagai catatan, pada pengukuran di segmen ini kami tidak mempertimbangkan fitur-fitur yang akan dibahas lebih lanjut kemudian.
Nokia 6110 Navigator : 8
Samsung i550w : 8
Desain: Tergantung Gaya Hidup (Bobot: 10%)
Jika dibandingkan, Nokia 6110Navigator yang berdesain slide (geser) terlihat lebih gemuk karena ukuran tebalnya yang berlebih 6 mili dibanding Samsung i550w. Sedangkan Samsung i550w yang lebih tipis memiliki dimensi lebar dan panjang yang lebih luas, penampilan Samsung i550w ini sekilas terlihat mirip PDA.
Layar Samsung i550w yang memakan setengah lebih permukaan bagian depan menguatkan kesan smartphone melalui tampangnya. Sedangkan tombol-tombol keypad-nya yang terbuat dari bahan metal dan bodi belakangnya yang bertekstur kulit menambah kesan mewah pada ponsel buatan korea ini. Sementara itu, desain Nokia 6110 terlihat lebih kokoh dengan balutan bahan plastik pada hampir seluruh permukaan bodinya. Polesan warna silver sepanjang bodi sampingnya sedikit menimbulkan kesan sporty walau agak terasa aneh dengan ukurannya yang gemuk.
Jika ingin dipisahkan berdasar subjek penggunanya, maka Nokia 6110 Navigator ini akan lebih cocok ditenteng oleh Anda yang hidup dinamis dan mereka yang suka menjalajah tempat baru. Sedangkan Samsung i550w kami rasa akan lebih pas jika dipakai para profesional dengan tampilan ponselnya yang lebih elegan dan mewah.
Nokia 6110 Navigator : 8
Samsung i550w : 9
Keypad & tombol: Tradisional Vs Trackball (Bobot : 10%)
Tombol-tombol keypad milik Samsung i550w yang terbuat dari bahan metal tetap terasa empuk ketika digunakan untuk mengetik pesan. Jarak antar tombol-tombol angkanya yang cukup berjauhan memberikan keleluasan penggunanya jika hendak mengetik dengan cepat tanpa perlu khawatir tertekannya dua tombol sekaligus.

Sementara itu, tepat di bawah layarnya terdapat beberapa tombol cepat untuk akses web, GPS, tombol clear, tombol symbian, multimedia, dan tombol navigasi arahnya yang menggunakan jenis trackball. Dengan navigasi-arah jenis ini Anda hanya cukup mengusapkan jempol untuk mengarahkan dan menggerakan kursor. Sayangnya tidak ada tombol alternatif bagi yang kurang suka menggunakan tombol trackball ini.
Sedangkan Nokia 6110, pada panel utamanya (depan) terdapat kumpulan tombol untuk akses cepat seperti tombol GPS, tombol clear, tombol power, tombol symbian, dan tombol navigasi arah yang masih mengadopsi model tradisional. Berbicara jarak antartombol angka milik Nokia 6110 yang saling berhimpitan satu dengan lainnya teratasi dengan adanya pembatas horizontal yang berfungsi dengan baik.
Nokia 6110 Navigator : 8
Samsung i550w : 8
Musik: Satu Point Untuk Nokia (Bobot: 15%)
Pada pengujian segmen ini kami memutarkan beberapa lagu berbagai genre musik dengan menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan masing-masing ponsel.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Maret 2009 in Ponsel

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: