RSS

Panduan untuk ngeBLOG (3)

01 Mar

13. Bagaimana cara memberi label ke posting saya?
Apabila menulis suatu posting, Anda akan memiliki ruang di bagian bawah formulir yang ditandai “Label untuk posting ini”. Masukkan label apa pun yang Anda suka, pisahkan dengan koma. Anda juga dapat meng-klik link “tunjukkan semua” untuk menampilkan daftar label yang telah Anda gunakan sebelumnya. Kemudian klik pada label untuk menambahnya. Ketika Anda mempublikasikan posting Anda, label akan didaftar dengan label ini. Klik label mana pun untuk membawa Anda ke halaman yang hanya berisi posting dengan label tersebut. Anda juga dapat menambah daftar semua label Anda di sidebar blog Anda, diurutkan sesuai abjad atau berdasarkan frekuensi penggunaannya.

14. Bagaimana cara menempatkan Adsense di dalam blog saya?
Untuk menempatkan AdSense di blog Anda, klik tab Template atau Tataletak untuk blog Anda. Di dalam blog dengan Tataletak yang aktif, tambahkan elemen halaman baru dan pilih opsi AdSense. Apabila Anda menggunakan template klasik, pilih link “AdSense” pada tab Template. Anda akan dapat memilih ukuran untuk iklan Anda dan mengatur bagaimana tampilannya di dalam blog Anda.

15. Bagaimana mengaktifkan feed situs untuk blog saya?
Pertama, kunjungi tab Pengaturan | Feed Situs. Di sini, Anda akan memiliki satu opsi sederhana, di mana Anda dapat memilih berapa konten yang ingin Anda sindikasikan. “Lengkap” akan menempatkan keseluruhan konten setiap kiriman ke dalam feed situs Anda, sementara “Singkat” hanya berisi kutipan dari awal tiap kiriman. Opsi “Tidak Ada” akan mematikan feed situs Anda secara keseluruhan.

16. Apakah tombol “Tandai” itu?
Fitur ini disebut dengan “Tandai Seabgai Meragukan” dan dapat diakses melalui Navbar Blogger. Tombol “Tandai?” memungkinkan komunitas blogging mengingat dengan mudah konten yang meragukan, sehingga membantu kami mengambil langkah yang diperlukan. Ketika seseorang yang mengunjungi blog meng-klik tombol “Tandai?” pada Navbar Blogger, ini berarti bahwa mereka yakin bahwa konten blog tersebut mungkin tidak sopan atau ilegal. Kami menghitung berapa kali blog ditandai karena sesuatu yang kurang menyenangkan dan memakai informasi ini untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan. Perlu dicatat bahwa pengguna dapat meng-klik tombol untuk kedua kalinya untuk membatalkan tanda yang sudah mereka terakan.

17. Bagaimana menengahi komentar di blog saya?
Anda dapat menemukan pengaturan moderasi komentar pada tab Pengaturan | Komentar. Pengaturan ini hanya berupa opsi ya/tidak yang sederhana. Memilih “ya” untuk opsi ini akan memberi Anda ruang untuk masuk ke alamat email Anda. Anda bisa memoderasi komentar via email tanpa mempengaruhi pengaturan pemberitahuan komentar reguler Anda. Pengaturan ini opsional, karena Anda selalu bisa memoderasi komentar melalui antarmuka Blogger. Jadi, atur opsi ke “ya”, kemudian masukkan alamat pemberitahuan bila perlu, simpan pengaturan, dan tunggu komentar Anda selanjutnya.
Semua komentar yang masuk kini akan menuju halaman khusus “Moderasikan Komentar”, yang dapat Anda temukan di bawah tab Pengiriman: Pada halaman ini, Anda akan melihat sebuah daftar dari semua komentar yang telah dibuat tetapi belum disetujui maupun ditolak. (Daftar ini tidak mencakup komentar yang dibuat oleh anggota admin blog.) Setiap baris di dalam daftar menampilkan bagian awal komentar, nama penulis, dan waktu pembuatannya. Klik segitiga di sebelah kiri untuk memperluas baris yang menunjukkan teks lengkap dari komentar, bersama-sama dengan link “Publikasikan” dan “Tolak”, yang dapat Anda gunakan untuk menyetujui atau menolak komentar tersebut.
Keseluruhan proses ini dapat juga dilakukan lewat email. Apabila Anda memasukkan alamat email untuk moderasi, Anda akan mendapatkan pesan untuk setiap komentar yang akan berisi link “Publikasikan” dan “Tolak”, serta link menuju halaman moderasi utama bagi blog.

18. Bagaimana cara Menggunakan fitur Tataletak Blogger?
Pertama, temukan nama blog Anda pada dashboard, dan klik link “Template” di sebelahnya. Jika link ini menampilkan “Tataletak”, hal ini berarti Anda telah menggunakan fitur Tataletak dan Anda dapat melewati langkah-langkah awal ini. Pada halaman Template, lihat pada link navigasi untuk tab bertuliskan “Kustomisasi Desain Anda” dan klik tab tersebut. Anda akan menerima pesan yang menjelaskan bahwa Blogger akan membuat cadangan dari template Anda yang sekarang. (Cadangan tersebut akan tersedia tanpa batas waktu, sehingga Anda akan dapat kembali ke sini kelak.) Klik pada tombol “Upgrade Template Anda” untuk melanjutkan. Kemudian, pilih salah satu dari desain template default, klik “Simpan Template”, dan bereslah sudah.
Setelah template di-upgrade, Anda dapat mengatur unsur pada template untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Cukup klik unsur yang ingin Anda pindah lalu seret dan jatuhkan unsur di mana pun yang Anda inginkan. (Catatan: pada kebanyakan template, Anda dapat memindahkan semua unsur kecuali Navbar, posting blog dan tajuk.) Anda dapat menambahkan beberapa unsur halaman ke halaman blog atau sidebar Anda dengan meng-klik “Tambahkan Unsur Halaman”. Ini akan membuka jendela pop-up yang memungkinkan Anda menambah unsur pada blog Anda dengan meng-klik “Tambahkan ke Blog” pada bagian unsur yang dikehendaki:

bersambung

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Maret 2009 in Panduan untuk ngeBLOG

 

One response to “Panduan untuk ngeBLOG (3)

  1. Adyaswara

    2 Maret 2009 at 4:27 PM

    >Kapan2 mau bikin akun blogspot ah! Ser, blogmu mantap! Komentarnya harus verifikasi dulu, yak?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: