RSS

Panduan untuk ngeBLOG (2)

28 Feb

8. Dapatkah saya memiliki blog yang menerima posting dari beberapa orang?
Ya, ini disebut “blog tim”. Pada dasarnya, satu orang mengawali pembuatan suatu blog, kemudian mengundang orang lain untuk bergabung. Anggota tim dapat menjadi administrator ataupun pengirim posting reguler. Administrator dapat mengedit semua posting (bukan hanya milik mereka sendiri), menambah dan menghapus anggota tim (dan memberi akses admin), dan mengubah pengaturan blog. Non-admin hanya dapat mengirim posting ke blog.
Untuk mengundang orang untuk bergabung ke blog, pertama buka tab Pengaturan | Izin dan klik “Tambah Pengarang”. Kemudian, ketik alamat email orang yang Anda undang ke blog; dan mereka akan segera menerima email undangan. Ingat bahwa mereka harus memiliki Google Account, dan jika mereka belum memilikinya, mereka akan diminta untuk membuatnya. Setelah Anda siap mengirimkan undangan, klik “Undang”. Anda akan menerima email ketika ada anggota tim baru yang berhasil bergabung dengan blog.

9. Bagaimana menambahkan foto ke profil saya?
Pertama, klik link “Edit Profil” pada dashboard Anda. Dari sana, masukkan URL gambar profil pada formulir, dan klik “Simpan” pada dasar halaman. Apabila Anda tidak mempunyai foto yang telah tersimpan di suatu tempat, Anda dapat mengirim dahulu gambar ke blog Anda. Begitu Anda selesai melakukannya, dari editor posting masuklah ke mode Edit HTML apabila Anda belum berada di sana. Sekarang salin URL foto dan tempelkan URL ini ke kolom “URL Foto” di dalam Profil Anda. Kemudian klik “Simpan” di bagian dasar halaman, dan selesai. Ingat bahwa ukuran gambarnya harus 50k atau lebih kecil.

10. Bagaimana cara menyiapkan koneksi FTP (atau sFTP) ke host web eksternal?
Kunjungi Pengaturan | Publikasidan pilih metode koneksi. Lalu, masukkan pengaturan Anda. Setelah Anda selesai, simpan rincian server Anda lewat tombol Simpan Pengaturan di bagian bawah, dan publikasikan ulang blog Anda. Harap ingat bahwa nomor port default akan digunakan (:21 untuk FTP dan :22 untuk SFTP); penetapan port alternatif tidak akan bekerja. Jangan menyertakan http://atau ftp://di dalam alamat server atau pengaturan lintasan.

11. Bagaimana cara menggunakan domain kustom pada blog saya?
Jika tidak ingin memiliki blogspot.com di dalam alamat blog Anda, Anda bisa memperoleh domain Anda sendiri. Kami akan tetap menjadi host untuk semua konten seperti sebelumnya, tapi konten tersebut akan ditampilkan pada alamat baru Anda. Ada tiga komponen untuk menyiapkannya:
Domain Anda
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih nama domain, seperti mysite.com dan mendaftarkannya. Anda dapat mendaftarkan nama domain dari pencatat pendaftaran apa pun.
Pengaturan DNS
Lalu, Anda perlu membuat data CNAME untuk domain Anda dengan DNS, yang menghubungkan domain Anda dengan ghs.google.com. Prosedur yang benar untuk melakukan hal ini berbeda-beda, tergantung pada pencatat pendaftaran domain Anda, jadi silakan langsung hubungi pencatat pendaftaran Anda dan mereka akan membantu Anda. Berhati-hatilah bahwa data DNS yang baru tidak dapat langsung diberlakukan.
Pengaturan Blogger
Hingga tahap ini, server DNS tahu cara mengarahkan orang menuju Google ketika mereka ingin melihat blog Anda, jadi kami harus memastikan Google mengaitkan blog yang benar dengan domain Anda. Anda melakukannya pada tab Pengaturan | Penerbitan untuk blog Anda di dalam Blogger. Apabila menerbitkan di Blog*Spot, Anda akan melihat sebuah link di dekat bagian atas yang menawarkan pengalihan ke domain kustom. Cobalah dan klik link tersebut. Pengaturan Alamat Blog*Spot sekarang berubah menjadi Domain Anda. Tulis domain yang Anda daftarkan di awal proses ini, kemudian simpan pengaturan Anda.
Catatan:
Apabila domain baru Anda tidak mengarah ke blog Anda, tunggu satu atau dua hari, untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Apabila domain belum mengarah dengan benar, hubungi pencatat pendaftaran untuk memastikan bahwa Anda telah memasukkan pengaturan DNS dengan benar.
Alamat Blog*Spot asli Anda akan meneruskan secara otomatis ke domain baru Anda. Dengan cara itu, link atau bookmark yang sudah ada di dalam situs Anda akan tetap bekerja.
Anda dapat menggunakan fitur ini dengan domain (misal, mysite.com) atau subdomain (misal, name.mysite.com). Namun, Anda tidak bisa menentukan subdirektori (misal, mysite.com/blog/) atau wildcard (misal, *.mysite.com).

12. Bagaimana cara kerja Blogger Mobile?
Untuk memulai blog mobile, kirimkan pesan (yang dapat berupa foto, teks atau keduanya) ke go@blogger.com dan kami akan memulai blog untuk Anda! Setelah mengirimkan pesan, Anda akan menerima balasan dengan URL blog mobile Anda dan sebuah token yang dapat Anda pakai untuk mengklaim blog baru Anda. Untuk mengklaim blog Anda, masukkan token ke dalam http://go.blogger.com. Mengklaim blog mobile Anda akan memberi akses penuh ke pengaturan dan fitur Blogger.com bagi Anda, sehingga Anda dapat mengaitkan blog ke Google Account, dan menggabungkan blog mobile ke blog yang sudah ada.

Bersambung….

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Februari 2009 in Panduan untuk ngeBLOG

 

2 responses to “Panduan untuk ngeBLOG (2)

  1. Dcute

    8 April 2009 at 3:56 PM

    >Saya mau nanya,saya baru buat blog kemarin melalui hp saya yang type K700i,jadi saya belum begitu paham mengenai blog.Saya mau menampilkan gambar/foto dan video pada blog saya,tapi saya belum bisa caranya.Kata petunjuknya sih harus kirim email lewat ponsel k alamat go@blogger.com.Kebetulan hp saya belum di setting untuk kirim ataupun terima email.Mohon penjelasannya.

     
  2. Yaser (fatwa09@gmail.com)

    17 April 2009 at 9:04 AM

    >Ma'af mas agak trlambat bls nya. Klw posting pake OPMIN 4.2 Sudut kiri atas ada ikon hurup dan gambar klik aja d situ. Posting lwt email masuk aja k dasbor klik ikon gambar amplop surat, Untuk email nggak perlu repot setingnya. Pake app morange v.5 aja dnld d wap.getjar.com. Morange Bisa kirim n terima email & jg bisa melampirkan gambar dll. Trims

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: